Title EKSTRAKSI DAN SKRINING METABOLIT SEKUNDER SERTA LITERATURE REVIEW AKTIVITAS PENGHAMBATAN ANGIOTENSIN CONVERTING ENZYME PADA KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus Britton & Rose) DAN RIMPANG JAHE MERAH (Zingiber officinale Linn Var. Rubrum)
Edition
Call Number KF 1852/20
ISBN/ISSN
Author(s) Partomuan Simanjuntak - Personal Name
Eris Septiana - Personal Name
Saputri, Indah Gita - Personal Name
Subject(s)
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Fakultas Farmasi Universitas Pancasila
Publishing Year 2020
Publishing Place Jakarta
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

(A) INDAH GITA SAPUTRI (2016210110)
(B) EKSTRAKSI DAN SKRINING METABOLIT SEKUNDER SERTA LITERATURE REVIEW AKTIVITAS PENGHAMBATAN ANGIOTENSIN CONVERTING ENZYME PADA KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus Britton & Rose) DAN RIMPANG JAHE MERAH (Zingiber officinale Linn Var. Rubrum)
(C) xv + 114 halaman; 14 tabel; 9 gambar; 5 lampiran
(D) Kata Kunci : Kulit buah naga merah, Hylocereus polyrhizus Britton & Rose, rimpang jahe merah, Zingiber officinale Linn Var. Rubrum, antihipertensi, Angiotensin Converting Enzyme, Senyawa penanda
(E) Kulit buah naga merah dan rimpang jahe merah secara tradisional digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kulit buah naga merah dan rimpang jahe merah mengandung senyawa flavonoid yang memiliki aktivitas sebagai antihipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metabolit sekunder, aktivitas Angiotensin Converting Enzyme yang diambil dari review jurnal, serta senyawa marker pada masing-masing tanaman yang dilihat profil kromatogramnya pada kromatografi lapis tipis dan kromatografi gasspektrometri massa. Penelitian yang dilakukan meliputi pembuatan ekstrak nheksan, etil asetat, etanol 96%, dan air dengan metode maserasi bertingkat kemudian dilakukan penapisan fitokimia, melakukan review jurnal terkait aktivitas penghambatan ACE, dilihat profil senyawa marker pada kromatografi lapis tipis dan kromatografi gas-sprektrometri massa. Hasil penapisan fitokimia terhadap ekstrak kulit buah naga merah dan rimpang jahe merah yang diperoleh dari ekstrak n-heksan, etil asetat, etanol 96%, dan air kulit buah naga merah dan rimpang jahe merah menunjukan adanya senyawa saponin dan flavonoid. Pada ekstrak etil asetat, etanol 96%, dan air kulit buah naga merah menunjukkan adanya senyawa fenolik. Pada ekstrak n-heksan, etil asetat dan etanol 96% kulit buah naga merah menunjukan adanya senyawa alkaloid. Sedangkan hasil penapisan fitokimia yang diperoleh dari ekstrak n-heksan, etil asetat, etanol 96%, dan air rimpang jahe merah menunjukan adanya senyawa fenolik dan alkaloid. Pada ekstrak n-heksan, etil asetat, etanol 96%, dan air kulit buah naga merah menunjukan adanya senyawa steroid/triterpenoid. Sedangkan hasil penapisan fitokimia yang diperoleh dari ekstrak n-heksan, etil asetat dan etanol 96% rimpang jahe merah menunjukan adanya senyawa steroid/triterpenoid. Pada ekstrak n-heksan, etil asetat dan etanol 96% kulit buah naga merah dan rimpang jahe merah menunjukan adanya senyawa minyak atsiri. Hasil yang diperoleh dari review jurnal terkait kulit buah naga merah dan rimpang jahe merah berpotensi untuk mengatasi penyakit hipertensi


xiv

sebagai penghambat ace, karena adanya senyawa flavonoid, fenolik, alkaloid, triterpenoid, serta senyawa marker dari masing-masing tanaman. Pada uji kromatografi lapis tipis dan kromatografi gas-spektroskopi massa ekstrak EtOH menunjukan kemiripan 90 % dengan senyawa diisooctyl phthalate, pada rimpang jahe merah ekstrak n-heksan menunjukan kemiripan 98 % dengan senyawa metil sikloheksana, sementara pada ekstrak EtOH rimpang jahe merah menunjukan kemiripan secara berturut-turut yakni 94 % dengan senyawa 5hidroksimetilfurfural.

(F) Daftar Pustaka : 49 buah (1989-2020)
(G) Prof. (ris). Dr. Partomuan Simanjuntak, M. Sc. ; Eris Septiana, M. Si.
(H) 2020
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous