Title ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA KIMIA YANG MEMILIKI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN TERTINGGI DALAM EKSTRAK KENTAL ETANOL DAUN PEPAYA (Carica papaya L.)
Edition
Call Number KF 1630
ISBN/ISSN
Author(s) ISWAHYUNI - Personal Name
Yunahara Farida - Personal Name
Subject(s) Analisis Senyawa Kimia
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher FFUP
Publishing Year 2017
Publishing Place Jakarta
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
(A) ISWAHYUNI (2011210122)
(B) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA KIMIA YANG MEMILIKI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN TERTINGGI DALAM EKSTRAK KENTAL ETANOL DAUN PEPAYA (Carica papaya L.)
(C) xv + 72 halaman, 11 tabel, 15 gambar, 14 lampiran
(D) Kata kunci : daun pepaya, Carica papaya L., ekstrak etanol, antioksidan, DPPH
(E) Tanaman pepaya (Carica papaya L.) adalah salah satu tanaman yang telah dikenal masyarakat Indonesia sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk megobati malaria dan demam berdarah. Daun pepaya mengandung senyawa metabolit sekunder, yaitu alkaloid, saponin, enzim papain, vitamin C, flavonoid dan asam amino. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi senyawa aktif antioksidan dalam ekstrak kental etanol daun pepaya. Metode yang digunakan meliputi fraksinasi menggunakan KCV, setelah diperoleh fraksi aktif, dilakukan pemisahan dengan kromatografi kolom, fraksi yang diduga sudah murni yang diperoleh secara KLT preparatif diidentifikasi secara spektroskopi. Hasil uji aktivitas antioksidan dengan metode peredaman radikal bebas DPPH menunjukkan bahwa ekstrak etanol kental daun pepaya memiliki kekuatan aktivitas antioksidan yang aktif dengan nilai IC50 100,1 bpj, hasil fraksinasi KCV menggunakan fase gerak kloroform-metanol menghasilkan fraksi aktif EtOH.3 yang memiliki aktivitas antioksidan sedang dengan nilai IC50 121,6 bpj, hasil pemisahan dengan kromatografi kolom menghasilkan fraksi aktif EtOH.3.3 yang memiliki kekuatan antioksidan sedang dengan nilai IC50 176,4 bpj. Setelah dilakukan identifikasi senyawa aktif isolat EtOH.3.3.1 hasil KLT preparatif, EtOH.3.3.1 termasuk golongan fenol serta dari hasil spetrofotometri UV-Vis, spetrofotometri FTIR, Kromatografi Gas-Spektrometri Massa diduga merupakan senyawa 2-Metoksi-4-vinilfenol.
(F) Daftar pustaka : 28 buah (1985-2015)
(G) Dr. Yunahara Farida, M.Si, Apt.
(H) 2017
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous