Title PENGEMBANGAN FORMULASI TONIK RAMBUT YANG MENGANDUNG FRAKSI AIR YANG MENGANDUNG FLAVONOID DARI EKSTRAK ETANOL DAUN TEH HIJAU (Camellia sinensis L.)
Edition
Call Number TS 0256/18
ISBN/ISSN
Author(s) VINI NOVIANI - Personal Name
Partomuan Simanjuntak - Personal Name
Shelly Taurhesia - Personal Name
Subject(s)
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Magister Ilmu Kefarmasian-Universitas Pancasila
Publishing Year 2017
Publishing Place Jakarta
Collation
Abstract/Notes PENGEMBANGAN FORMULASI TONIK RAMBUT YANG MENGANDUNG FRAKSI AIR YANG MENGANDUNG FLAVONOID DARI EKSTRAK ETANOL DAUN TEH HIJAU (Camellia sinensis L.)

ABSTRAK

Kerontokan dan kebotakan yang merupakan salah satu kelainan dalam rambut yang banyak terjadi baik pada pria maupun wanita. Hal ini umumnya disebabkan oleh kondisi fisiologis, stres emosional maupun fisik, kekurangan nutrisi, gangguan hormonal dan obat. Produk kosmetik untuk memecahkan masalah kerontokan rambut serta kebotakan banyak dikembangkan berasal dari produk sintesis yang dapat menimbulkan efek samping. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun teh hijau (Camellia sinensis L.) meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan formula sediaan tonik rambut yang mengandung fraksi air yang mengandung flavonoid dari daun teh hijau dengan aktivitas yang baik. Ekstrak diperoleh dengan cara maserasi menggunakan etanol 70% kemudian dilanjutkan partisi menggunakan pelarut n-heksan, etil asetat dan air sehingga diperoleh fraksi n-heksan, etil asetat dan air. Sediaan uji dibuat dengan memvariasikan konsentrasi fraksi etil asetat dan fraksi air (konsentrasi 1% dan 4%) yang mengandung flavonoid. Uji aktivitas pada penelitian ini mengacu pada metode yang dilakukan oleh Tanaka et al. Hasil menunjukkan bahwa fraksi air 4% yang mengandung flavonoid memiliki aktivitas pertumbuhan rambut yang paling baik. Konsentrasi terbaik selanjutnya dibuat sediaan tonik rambut dengan bahan tambahan etanol 96%, propilen glikol, phenoxyethanol dan aquadest. Dalam pengujian aktivitas pertumbuhan rambut sediaan tonik rambut dibandingkan dengan basis tonik rambut, kontrol normal dan minoxidil. Hasil uji aktivitas menunjukkan bahwa tonik rambut mempunyai aktivitas yang tidak berbeda dengan kontrol positif mulai pada minggu ke 1 sampai minggu ke 4. Sediaan tonik rambut tidak mengiritasi pada uji menggunakan kelinci. Hasil uji cemaran mikroba dengan metode Angka Lempeng Total sebelum dan sesudah uji stabilitas selama 1 bulan adalah 0 koloni/ml sehingga memenuhi persyaratan sediaan kosmetik < 108.
Kata Kunci : Daun teh hijau, aktivitas pertumbuhan rambut, fraksi air, flavonoid, formula tonik rambut, uji iritasi.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous