Title PENGARUH VOLUME PERDAGANGAN, SUKU BUNGA, DAN NILAI TUKAR UANG (USD/Rp) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN FARMASI, TELEKOMUNIKASI DAN PERBANKAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (PERIODE 2010-2016)
Edition
Call Number TS 0280/18
ISBN/ISSN
Author(s) HERLINA ANGGRAINI - Personal Name
Tedy Herdiana - Personal Name
MGS Aritonang - Personal Name
Subject(s)
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Magister Ilmu Kefarmasian-Universitas Pancasila
Publishing Year 2018
Publishing Place Jakarta
Collation
Abstract/Notes PENGARUH VOLUME PERDAGANGAN, SUKU BUNGA, DAN NILAI TUKAR UANG (USD/Rp) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN FARMASI, TELEKOMUNIKASI DAN PERBANKAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (PERIODE 2010-2016)
ABSTRAK
Berdasarkan data di BEI tahun 2016, terdapat tiga peringkat sektor yang paling tinggi nilai sahamnya yaitu sektor keuangan, industri barang konsumsi, dan sektor infrastruktur, utilitas, & transportasi. Salah satu subsektor yang terdapat pada sektor keuangan yaitu subsektor perbankan. Sedangkan pada sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi, terdapat subsektor telekomunikasi. Pada sektor industri barang konsumsi, terdapat subsektor farmasi. Pada setiap investasi, tentunya seorang investor menginginkan adanya return berupa deviden dan capital gain dari investasi yang dilakukannya walaupun menyadari adanya potensi risiko disetiap investasinya. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi return, salah satunya yaitu volume perdagangan, suku bunga, dan nilai tukar uang (kurs). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh volume perdagangan, suku bunga, dan kurs terhadap deviden dan capital gain. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah perusahaan farmasi, telekomunikasi dan perbankan yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) selama periode penelitian yaitu Januari 2010 sampai dengan Desember 2016. Sedangkan sampel yang digunakan dengan pemilihan dari populasi dengan menggunakan metode purposive sampling. Data diambil dari laporan bulanan Bank Indonesia (http://www.bi.go.id) untuk tingkat suku bunga, dan nilai tukar uang. Sedangkan volume perdagangan saham, deviden dan capital gain perusahaan diperoleh dari laporan keuangan yang dikeluarkan oleh situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Hasil dari penelitian ini yaitu volume perdagangan berpengaruh signifikan terhadap deviden subsektor farmasi dan perbankan serta kurs berpengaruh signifikan terhadap deviden pada subsektor telekomunikasi. Sedangkan volume perdagangan, suku bunga, ataupun kurs tidak berpengaruh terhadap capital gain pada subsektor farmasi, telekomunikasi dan perbankan. Nilai deviden dan capital gain dari tiga subsektor berfluktuatif dengan nilai deviden dan capital gain paling besar diberikan oleh subsektor farmasi.
Kata Kunci : Return, Deviden, Capital Gain, Volume Perdagangan, Suku Bunga, Nilai Tukar Uang (Kurs), Farmasi, Telekomunikasi, Perbankan.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous