Title OPTIMASI SURFAKTAN DAN KOSURFAKTAN DALAM SOLID LIPID NANOPARTICLE (SLN) YANG MENGANDUNG KOLAGEN DARI SISIK DAN KULIT IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus malabaricus)
Edition
Call Number TS 0286/18
ISBN/ISSN
Author(s) IN RAHMI FATRIA FAJAR - Personal Name
Swasono R. Tamat - Personal Name
Deni Rahmat - Personal Name
Subject(s) Teknologi Nanopartikel
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Magister Ilmu Kefarmasian-Universitas Pancasila
Publishing Year
Publishing Place Jakarta
Collation
Abstract/Notes OPTIMASI SURFAKTAN DAN KOSURFAKTAN DALAM SOLID LIPID NANOPARTICLE (SLN) YANG MENGANDUNG EKSTRAK KOLAGEN DARI SISIK DAN KULIT IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus malabaricus)
ABSTRAK
Selama ini kebutuhan kolagen lebih banyak dipenuhi dari sapi, atau unggas. Seiring banyaknya penyakit yang ditemukan pada unggas, maka sumber kolagen dari kulit dan sisik ikan merupakan salah satu alternatif yang menjanjikan. Kolagen dari sisik dan kulit ikan dapat dipisahkan dengan cara ekstraksi. Parameter kolagen yang diamati meliputi analisa proksimat, SDS-Page, dan analisa logam berat. Kolagen memiliki banyak aktifitas biologis, tetapi penggunaanya masih terbatas karena penetrasinya pada membran usus atau kulit relativ rendah. Untuk meningkatkan daya penetrasi kolagen maka aplikasinya dalam bentuk nanopartikel lipid padat atau solid lipid nanoparticle (SLN). Solid lipid nanoparticle (SLN) dibuat dengan menggunakan Brij (5, 6, 7%) sebagai surfaktan dan Gliseril monostearat (GMS) (4, 5, 6%) sebagai ko-surfaktan dan homogenisasi kecepatan tinggi, untuk menghasilkan daya penetrasi yang tinggi. Uji penetrasi in vitro dilakukan dengan menggunakan sel difusi Franz, dan membrane kulit tikus. Sediaan SLN juga diuji aktivitasnya sebagai inhibitor enzim tirosinase. Analisa SDS-Page menunjukkan berbagai jenis peptide yang dikandung di dalam kolagen dengan berat molekul 100, 80, 70, 60, dan 50 kDa. Sediaan SLN sudah memenuhi persyaratan meliputi : morfologi bulat, ukuran partikel berapa 61,1-965,9 dan potensial zeta (-3,16) – (-12,37)
Penelitian menyimpulkan bahwa kolagen yang berasal dari sisik dan kulit ikan kakap merah (Lutjanus malabaricus) dapat diaplikasikan dalam sediaan solid lipid nanoparticle (SLN) dengan mengunakan brij (6%) dan gliseril monostearat (4%) sebagai surfaktan dan ko-surfaktan, memiliki aktivitas hambatan enzim tirosinase dengan IC50 1317,54 ppm, dan memiliki nilai penetrasi tertinggi 897.125 μg/cm2.
Kata kunci : kolagen, solid lipid nanoparticle (SLN), sisik dan kulit ikan kakap merah, uji penetrasi, hambatan enzim tirosinase
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous