Title STRATEGI PEMASARAN HYALURONIC ACID UNTUK PENGOBATAN PENYAKIT ULCERATIVE COLITIS
Edition
Call Number TS 0319/18
ISBN/ISSN
Author(s) ATIKA JAYA RANI - Personal Name
Wahono Sumaryono - Personal Name
Henky Lesmana - Personal Name
Sri Widyastuti - Personal Name
Subject(s) manajemen pemasaran
Bisnis Farmasi
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Magister Ilmu Kefarmasian-Universitas Pancasila
Publishing Year 2018
Publishing Place Jakarta
Collation
Abstract/Notes STRATEGI PEMASARAN HYALURONIC ACID UNTUK PENGOBATAN PENYAKIT ULCERATIVE COLITIS
ABSTRAK
Ulcerative colitis (UC) adalah suatu kondisi peradangan kronis pada kolon proksimal yang merupakan bagian dari penyakit IBD (inflammatory bowel disease), yang umumnya ditandai dengan sakit perut, diare, demam dan penurunan berat badan. Untuk pengobatan biasanya digunakan obat oral dalam jangka panjang sekitar 6 bulan bahkan sampai seumur hidup. Hasil studi menunjukkan bahwa hyaluronic acid (HA) memiliki peran penting dalam penyakit radang pada kolon untuk pengobatan UC. Sebagai obat UC, HA diberikan dalam bentuk enema selama 28 hari terapi.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ketertarikan dokter terhadap produk enema HA sebagai terapi alternatif untuk pengobatan penyakit UC. Penelitian ini merupakan sebuah studi deskriptif eksploratif secara kualitatif yang dilakukan di DKI Jakarta dan Tangerang pada bulan Januari – Maret 2018 dengan melakukan wawancara kepada 30 responden yaitu dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi (KGEH) dan dokter spesialis penyakit dalam yang menangani pasien dengan penyakit UC.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk enema HA dapat diterima sebagai alternatif pilihan untuk terapi pengobatan pada pasien dengan penyakit UC dengan tingkat keparahan rendah hingga sedang pada pasien remaja hingga manula. Produk merupakan obat inovasi baru yang telah tersertifikasi oleh FDA, aman dengan mekanisme kerja obat langsung pada infeksi sehingga efektivitas kerja obat lebih cepat dirasakan dan memiliki efek samping yang minimal. Strategi pemasaran dapat dilakukan dengan promosi obat seperti simposium ilmiah didukung dengan literatur ilmiah dan detailing yang dilakukan oleh medical representative untuk meningkatkan pengetahuan dokter. Harga produk sedikit lebih mahal dari pesaingnya namun dokter mau meresepkan produk karena keunggulan yang dimiliki menjadi pertimbangan untuk tetap digunakan pada pasien dengan penyakit UC.
Kata kunci: Bauran pemasaran, hyaluronic acid, ulcerative colitis
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous