Title ANALISIS PERSEPSI PELANGGAN MELALUI BAURAN PEMASARAN TENTANG KONSEP APOTEK MODERN SERTA STRATEGI PEMASARANNYA
Edition
Call Number TS 0314/18
ISBN/ISSN
Author(s) Welfin Dysyandi - Personal Name
Wahono Sumaryono - Personal Name
Henky Lesmana - Personal Name
Sri Widyastuti - Personal Name
Subject(s) manajemen pemasaran
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Magister Ilmu Kefarmasian-Universitas Pancasila
Publishing Year 2018
Publishing Place Jakarta
Collation
Abstract/Notes ANALISIS PERSEPSI PELANGGAN MELALUI BAURAN PEMASARAN TENTANG KONSEP APOTEK MODERN SERTA STRATEGI PEMASARANNYA
ABSTRAK
Apotek sebagai jenis sarana distribusi utama masih banyak diminati oleh para investor. Namun, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan dampak turunnya omzet pada beberapa apotek konvensional sehingga banyak apotek yang tutup, hanya apotek jejaring seperti Kimia Farma, Century, Guardian, K-24 dan Watson yang masih bisa bertahan di era JKN. Apotek dengan konsep modern diharapkan bisa menjadi exit strategy dari masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan konsep apotek modern sesuai persepsi warga di provinsi DKI Jakarta serta strategi pemasarannya menggunakan konsep bauran pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan mewawancarai 100 responden yang pernah berkunjung ke apotek menggunakan kuesioner. Data hasil wawancara dianalisis secara sederhana mengenai mean, median, modus menggunakan software statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep apotek modern yang dapat diterima oleh masyarakat provinsi DKI Jakarta adalah apotek yang menjual produk lengkap, halal, aman, dan berkualitas, harga setara dengan apotek konvensional, lokasi dekat dengan perumahan atau perkantoran, karyawan ramah, proses pelayanan cepat dan mudah, sering melakukan promosi dan bakti sosial serta memiliki ruang tunggu yang luas dan nyaman. Strategi pemasaran yang tepat untuk apotek modern adalah dengan mengedepankan pelayanan yang prima dan melakukan promosi yang gencar pada media online serta bekerja sama dengan kantor-kantor swasta, pemerintah dan universitas-universitas yang ada di provinsi DKI Jakarta.
Kata kunci : Apotek Modern, Bauran Pemasaran, Strategi Pemasaran
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous