Title PREPARASI DAN KARAKTERISASI NANOPARTIKEL EKSTRAK POLISAKARIDA FUKOIDAN – KITOSAN DENGAN METODE GELASI IONIK DARI RUMPUT LAUT COKLAT (Sargassum aquifolium)
Edition
Call Number TF 1294/19
ISBN/ISSN
Author(s) NOVIANA CLARISTA - Personal Name
Kartiningsih - Personal Name
Subject(s) Teknologi Nanopartikel
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher FFUP
Publishing Year 2017
Publishing Place Jakarta
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
(A) NOVIANA CLARISTA (2013210171)
(B) PREPARASI DAN KARAKTERISASI NANOPARTIKEL EKSTRAK POLISAKARIDA FUKOIDAN – KITOSAN DENGAN METODE GELASI IONIK DARI RUMPUT LAUT COKLAT (Sargassum aquifolium)
(C) Fukoidan merupakan polisakarida sulfat yang ditemukan pada rumput laut coklat. Fukoidan diketahui memiliki banyak bioaktivitas, salah satunya yaitu sebagai antiplatelet yang aktivitasnya dipengaruhi oleh bobot molekul. Senyawa fukoidan sebagai inhibitor platelet memiliki aktivitas lebih baik pada bobot molekul kecil (3900-7600 Da). Senyawa fukoidan tidak begitu stabil terhadap panas dan asam, sehingga dibentuk dalam ukuran nanopartikel untuk meningkatkan performa dan kestabilannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengkarakterisasi senyawa fukoidan yang ada dalam rumput laut coklat (Sargassum aquifolium). Ekstraksi dilakukan dua tahap, proses pretreatment menggunakan etanol 80% (v/v) dan digesti menggunakan larutan kalsium klorida 2% (w/v). Freeze drying dilakukan untuk mendapatkan ekstrak kering rumput laut coklat (Sargassum aquifolium). Nanopartikel dibuat menggunakan metode gelasi ionik dengan cara mencampurkan ekstrak rumput laut coklat dan kitosan pada konsentrasi yang sama yaitu 0,2% dengan perbandingan (3:1). Hasil karakterisasi nanopartikel diperoleh suspensi nanopartikel dengan ukuran 326,6 nm dan indeks polidispersitas sebesar 0,287. Rata- rata zeta potensial sebesar +54,23 mV. Morfologi struktur nanopartikel berbentuk sferis. Karakterisasi senyawa fukoidan dengan Fourier Transform Infrared (FTIR) dan kromatografi cair-spektrometri massa diperoleh bobot molekul ekstrak rumput laut coklat sebesar 7665,57 Da dan diduga mengandung fragmen dari senyawa fukosa, asam glukoronat, sulfat, dan polisakarida.
(D) Kata kunci : fukoidan, rumput laut coklat, nanopartikel, gelasi ionik
(E) xiv + 117 halaman; 14 tabel; 10 gambar; 47 lampiran
(F) Daftar Rujukan : 52 rujukan (1991-2017)
(G) Dra. Kartingsih, M.Si., Apt
(H) 2017
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous